top of page
  • madasithesa

Tes Psikotes Hukum Pdf: Tips dan Trik Sukses Menghadapi Tes Psikologi Bidang Hukum



  • e. IQ minimal 100II. Tata CaraCalon mahasiswa WAJIB melakukan konfirmasi melalui WA pada nomor admin masing-masing program studi (pada poin IV) dengan format :Konfirmasi Calon Mahasiswa Program Studi Kesehatan UBNama :No Pendaftaran :Program Studi :No HP Aktif/WA:

  • Calon mahasiswa mengunduh formulir tes kesehatan dan tes psikologi secara mandiri (sebanyak 11 form) dengan rincian sebagai berikut :Formulir identitas mahasiswa (form 1)

  • Formulir pemeriksaan kesehatan (form 2 s/d form 8)

  • Surat pernyataan hasil pemeriksaan kesehatan dan psikotes (form9)

  • Formulir hasil psikotest (form 10)

  • Formulir Persetujuan Setelah Penjelasan/ PSP (form 11)NoKeteranganTautan1FORM DATA CALON MAHASISWA BARU JALUR SBMPTN TAHUN AKADEMIK 2021/2022Unduh Form 12FORM ANAMNESAUnduh Form 23FORM PEMERIKSAAN FISIKUnduh Form 34FORM PEMERIKSAAN TELINGAUnduh Form 45FORM PEMERIKSAAN MATAUnduh Form 56FORM PEMERIKSAAN LABORATORIUMUnduh Form 67FORM PEMERIKSAAN RADIOLOGIUnduh Form 78FORM BEBAS NARKOBAUnduh Form 89SURAT PERNYATAAN HASIL PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN PSIKOTESUnduh Form 910HASIL PEMERIKSAAN PSIKOLOGIUnduh Form 1011FORM PERSETUJUAN SETELAH PENJELASANUnduh Form 11

  • Calon mahasiswa baru melakukan tes kesehatan dan psikotes, yang terdiri dari:Pemeriksaan fisik, tajam penglihatan dan buta warna, fungsi pendengaran

  • Pemeriksaan laboratorium (darah lengkap, urin lengkap, foto thorax)

  • Pemeriksaan bebas narkoba.

  • Pemeriksaan psikotest.

  • Lokasi tes kesehatan dan tes psikologi :Pemeriksaan tes kesehatan WAJIB dilakukan di rumah sakit umum daerah milik pemerintah kota/kabupaten Tipe A danTipe B yang ada di daerah asal / domisili.

  • Pemeriksaan Fungsi Penglihatan WAJIB dilakukan oleh Spesialis Mata RS Pemerintah yang ber-SIP.

  • Pemeriksaan Fungsi Pendengaran WAJIB dilakukan oleh Spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT) RS Pemerintah yang ber-SIP.

  • Pemeriksaan bebas narkoba WAJIB dilakukan di RSUD Tipe A/B, RS Kepolisian/BNN.

  • Pemeriksaan psikotest WAJIB dilakukan oleh Psikolog Klinis di RS Pemerintah/RS Swasta/praktek pribadi, yang ber STR dan SIPPK.Daftar Psikologi Klinis Rumah Sakit Pemerintah dapat dilihat pada (klik disini). Selain daftar tersebut data psikolog klinis di Indonesia juga dapat dilihat di : -psikolog/: -psikolog/Calon mahasiswa yang memiliki kendala dalam memenuhi persyaratan lokasi tes kesehatan / tes psikologi diharapkan segera melakukan konfirmasi pada panitia tes kesehatan sesuai pembagian kontak program studi.

  • Pengesahan hasil tes kesehatan dan tes bebas narkoba yang telah terisi lengkap WAJIB ditandatangani oleh dokter pemeriksa dan disertai stempel basah RS pada form pemeriksaan kesehatan.

  • Pengesahan hasil psikotest yang telah terisi lengkap WAJIB ditandatangani oleh Psikolog Klinis yang memeriksa form hasil pemeriksaan

  • Calon mahasiswa baru mengunggah berkas hasil pemeriksaan melalui aplikasi Admisi ( ) dengan ketentuan :hasil tes kesehatan yaitu form 1 s/d form 9 beserta dengan lampiran (sesuai keterangan dalam form);

  • hasil tes psikologi yaitu form persetujuan setelah penjelasan hasil (form 11);

  • berkas diunggah dalam bentuk File PDF sesuai nomor form dengan ukuran maksimal 3MB/berkas dan tetap memperhatikan kejelasan isi file.

  • Hasil Tes Psikologi ditandatangi dan dikirimkan oleh Psikolog Klinis yang memeriksa dalam bentuk File PDF yang besarnya tidak lebih dari 10MB ke email: psikiatri.fk@ub.ac.id sebelum tanggal 10 Juli 2021. Tidak perlu mengirimkan Hasil Psikotes dalam bentuk Hard Copy

  • Calon mahasiswa baru WAJIB mengirimkan seluruh berkas hasil pemeriksaan kesehatan asli (hard file) ke panitia pemeriksaan kesehatan UB melalui Pos/Ekspedisi maksimal tanggal 10 Juli 2021, dengan redaksional :Panitia Pemeriksaan Kesehatan MABA FK, FKG, FKHLaboratorium Keterampilan MedikGedung Pendidikan Bersama lantai 6Fakultas Kedokteran Universitas BrawijayaJl. Veteran Malang 65145, Jawa Timur

III. BiayaBiaya tes kesehatan dan psikologi ditanggung oleh calon mahasiswa.




Tes Psikotes Hukum Pdf



Psikotes memiliki fungsi untuk mengenal watak seseorang seperti attitude, personality, dan interest yang mungkin saja tidak terlihat secara kasat mata. Hasil dari psikotes yang dilakukan calon karyawan memiliki peran besar untuk menentukan apakah karyawan tersebut cocok untuk diterima bekerja di perusahaan atau tidak.


Bahkan, seorang fresh graduate dari universitas bergengsi pun bisa saja mengalami kegagalan dalam tes psikotes ini. Jadi, pastikan kamu mempelajari dan memahami soal psikotes dengan baik sebelum akhirnya memutuskan untuk melamar pekerjaan yang diinginkan. Sebab, hal ini menjadi sangat penting dan dapat memberikan kamu peluang yang lebih besar diterima di perusahaan impian. Kamu mau lolos tes psikotes? Tunggu apa lagi, yuk simak ulasannya sampai akhir!


Secara umum, ada 7 jenis soal psikotes yang harus kamu kerjakan saat melamar pekerjaan. Soal-soal tersebut membutuhkan konsentrasi yang baik. Setiap satu jenis soal psikotes akan diberikan waktu untuk menyelesaikannya.


Soal psikotes ini berfungsi untuk mengetahui kemampuan kamu dalam menghadapi suatu persoalan, dan caramu melihat sebab dan akibat. Untuk mengerjakan tes ini, kamu harus mempelajari berbagai perbendaharaan kosakata beserta artinya. Kuncinya adalah penggunaan logika. Pastinya, kamu harus berkonsentrasi penuh saat mengerjakan tes ini.


Test psikotes wartegg merupakan hasil temuan Ehrig Wartegg, seorang psikolog yang berasal dari Jerman. Tes wartegg ini berfungsi untuk mengetahui karakter yang ada dalam diri seseorang. Misalnya, kemampuan menyelesaikan masalah, keuletan, cara beradaptasi, serta kemauan dalam bekerja.


Apabila kamu melamar posisi yang melibatkan banyak aktivitas menghitung dengan rumus, misalnya data analyst, finance atau software engineer pasti akan dipertemukan oleh soal psikotes logika aritmatika. Sebab, dalam tes tersebut ada deretan angka yang harus dipahami pola-polanya.


Deretan angka tersebut harus bisa kamu pecahkan lewat pembagian, perkalian, pengurangan, penjumlahan, pecahan angka, serta lewat persentase. Kamu harus bisa fokus dan konsentrasi agar bisa mengerjakan jenis soal ini. Maka dari itu, tak sedikit orang yang mengatakan bahwa soal psikotes ini termasuk dari soal psikotes matematika.


Psikotes logika deret gambar ini memiliki konsep seperti tes logika aritmatika. Hal yang membedakannya adalah penggunaan media gambarnya yang menggunakan dua atau tiga dimensi. Kunci dalam mengerjakan psikotes ini ialah konsentrasi dan memperhatikan betul-betul polanya. Kamu tidak boleh melewatkan detail sekecil apa pun, misalnya penempatan titik atau perputaran warna.


Selain itu, soal psikotes ini juga berfungsi untuk mengukur kemampuan daya tangkap kamu dalam memahami dan melaksanakan perintah, menganalisa permasalahan, serta kecepatan dalam mengambil keputusan. Apabila kamu menemukan kesulitan dalam mengerjakan psikotes ini, sebaiknya kamu kerjakan soal dari yang mudah terlebih dahulu karena waktu kamu terbatas.


Bagi Grameds yang ingin mengasah kemampuan daya tangkapnya, buku Top Bank Semua Jenis Soal Psikotes Gambar Paling Akurat oleh Windyastuti, Dkk akan sangat berguna untuk kamu, karena berisi rangkuman, contoh soal serta pembahasannya, dan tips dan trik dalam mengerjakan soal psikotes nantinya. Tunggu apa lagi? Yuk beli bukunya di Gramedia.com


Tes psikotes pauli ini populer dengan sebutan tes koran. Tes pauli merupakan tes perhitungan sederhana dan tampaknya cukup mudah. Tugas kamu dalam mengerjakan tes ini adalah menjumlahkan deretan angka-angka, mulai dari 0-9 yang tersusun dengan vertikal.


Soal psikotes ini juga dikenal dengan soal psikotes gambar. Jenis tes ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Pada tes ini, penguji akan menyuruh kamu untuk menggambar pohon di kertas berukuran A4. Namun, kamu tidak diperkenankan untuk menggambar pohon kelapa atau tumbuhan yang berukuran kecil. Gambar pohon yang harus kamu buat adalah pohon yang memiliki ranting.


Jenis soal psikotes satu ini memang berfungsi untuk mengetahui seberapa besar rasa percaya diri, stabilitas, dan tanggung jawab kamu dalam bekerja. Jangan khawatir, kamu tidak harus pintar menggambar untuk bisa mengerjakan tes ini. Saat mengerjakan, sebaiknya kamu menggambar diri kamu sendiri disertai deskripsi yang lengkap.


Di antara macam-macam tes psikotes yang ada, tes psikotes EPPS bisa dikatakan adalah tes yang paling mudah dikerjakan. Tujuan dari tes psikotes ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepribadian dan karakter kamu secara detail.


Dalam tes psikotes, akan ada banyak pertanyaan yang diulang-ulang. Ini akan terdeteksi dengan mudah apakah kamu jujur atau tidak ketika menjawab soal. Tahap ini biasanya akan melihat kepribadian dan kesesuaian kamu dengan pekerjaan yang dilamar. Oleh sebab itu, tes ini juga bisa digunakan sebagai acuan seperti apakah suasana kerja nanti, baik dari segi budaya dan sistem yang diterapkan di kantor tersebut.


Situs soal psikotes yang pertama adalah psikotesyuk.com, pada situs ini kamu akan menemukan beberapa contoh soal psikotes yang bisa kamu lihat. Bukan hanya dilihat saja, tetapi kamu juga bisa mengerjakan soal-soal itu. Akan tetapi, sebelum mengerjakan soal-soal psikotes tersebut, kamu perlu buat akun terlebih dahulu. 2ff7e9595c


1 view0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page